10 Tenaga Medis Positif Covid, 6 Puskesmas di Makassar Ditutup Sementara

Rabu, 16 Desember 2020 22:02

Ilustrasi tenaga medis

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Covid-19 memang tak pandang bulu, bisa menyerang siapa saja. Bahkan, tenaga medis atau kesehatan (nakes) sekalipun.

Hal itu terbukti setelah 10 nakes dinyatakan positif terjangkit Covid-19. Para nakes ini tersebar di enam puskesmas Kota Makassar.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Makassar, Agus Djaja Said, mengatakan, pihaknya langsung bergerak cepat dengan menutup puskesmas untuk sementara agar penyebaran virus tidak meluas.

Selain itu upaya pencegahan lain yang dilakukan Diskes adalah menyemprotkan cairan disinfektan untuk menjamin pelayanan kesehatan nantinya terbebas dari ancaman virus.

“Ada 10 tenaga medis yang terpapar. Mereka bekerja di 6 puskesmas. Kita sudah tutup untuk penyemprotan disinfektan,” kata Agus, Rabu (16/12/2020).

Kendati demikian, Agus enggan menyebut secara rinci puskesmas mana yang ditutup untuk sementara waktu dari total 47 puskesmas yang ada di Kota Makassar.

“Tidak usah saya sebut puskesmas itu,” jelasnya.

Lebih lanjut, Agus menyebut, tenaga medis yang dinyatakan positif telah menjalani isolasi mandiri menyusul tempat karantina di hotel dan rumah sakit sudah penuh.

“Tempat isolasi di hotel sudah penuh, makanya kita arahkan isolasi mandiri saja dulu. Kita sudah laporkan ke pimpinan (Pj Walikota) sebagai bahan pertimbangan mengambil kebijakan,” tambahnya.

Agus menambahkan, puskesmas hanya ditutup untuk sementara. Jika situasi sudah terkendali, maka pelayanan akan dilakukan kembali dengan mengganti nakes yang positif dengan nakes dari puskesmas lain.

Komentar


VIDEO TERKINI