China Beli Vaksin Buatan Jerman, Indonesia Pesan Milik Sinovac, Politikus Demokrat: Kita Salah Beli Vaksin Ya?

Rabu, 16 Desember 2020 18:03

Wasekjen DPP Partai Demokrat, Jansen Sitindaon. (IST)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Pemerintah Tiongkok (China) akan membeli vaksin dari perusahaan Jerman BioNTech, yang dikembangkan bersama perusahaan AS Pfizer Inc.

Mengutip Reuters, Shanghai Fosun Pharmaceutical Group Co Ltd mengaku akan mendatangkan setidaknya 100 juta dosis vaksin Covid-19 itu untuk digunakan di China daratan.

Padahal, China sendiri sebenarnya memiliki vaksin lokal. Bahkan negeri itu sudah memberikan persetujuan darurat untuk dua kandidat vaksin yakni milik Sinopharm dan Sinovac Biotech Ltd. China juga telah menyetujui penggunaan darurat vaksin Cansino untuk kepentingan militer.

Khusus buatan Sinovac Biotech Ltd, Pemerintah Indonesia menjadi salah satu pembelinya. Sebagai informasi, saat ini sampai dengan Desember 2020, Pemerintah Indonesia sudah mengamankan 3 juta dosis vaksin jadi dari Sinovac.

Rencananya, vaksin tersebut akan segera disuntikkan ke tenaga kesehatan di garis terdepan yang saat ini tengah berperang melawan Covid-19 setelah mendapatkan izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM.

Politikus Partai Demokrat, Jansen Sitindaon pun mempertanyakan keputusan pemerintah untuk tetap menggunakan vaksin buatan Sinovac.

Bagikan berita ini:
10
7
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar