Kondisi Ekonomi di Semester 1 Tahun 2021 Makin Mengkhawatirkan, Iwan Sumule: Butuh Kepemimpinan Baru

Rabu, 16 Desember 2020 20:12

Iwan Sumule. (int)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDEM) memprediksi kondisi ekonomi 2021 sangat mengkhawatirkan. Hal itu menjadi peringatan buat Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ketua Majelis ProDEM, Iwan Sumule menolak optimisme dari pemerintah bahwa ekonomi di tahun 2021 akan tumbuh kembali ke angka 5 persen.

“1) Peringatan kepada presiden @jokowi: Semester pertama 2021, kondisi ekonomi negara diprediksi akan semakin mengkhawatirkan dan rakyat akan semakin susah,” kata Iwan Sumule di akun Twitternya, Rabu (16/12/2020).

Atas alasan itu, ProDEM memberi imbauan kepada rakyat untuk bisa arif dalam melihat kondisi bangsa di tahun depan. Rakyat harus bisa menahan emosi agar tidak timbul kekacauan dan membuat krisis makin berkepanjangan.

“2) Himbauan kepada rakyat: Semester pertama 2021, tahan emosi, jangan marah, dan kacau,” lanjut Iwan.

Sebagai solusi, politikus Partai Gerindra itu menyebutkan Indonesia butuh kepemimpinan baru untuk mengatasi kondisi tersebut. Terlebih, saat ini pemerintah tidak fokus pada kebijakan yang diambil untuk mengatasi pandemi Covid-19 dan dampak yang ditimbulkannya.

“3) Butuh kepemimpinan baru,” tegas Iwan Sumule.

“Di masa pandemi penting jaga IMUN dan IMAN. Bergerak tapi diam, diam tapi bergerak. Dialektik sintesis = Pemimpin baru,” pungkasnya. (msn/fajar)

Komentar