KontraS Ikut Tolak Hadiri Rekonstruksi, Denny Siregar: Jangan FPI Terus yang Kalian Bela

Denny Siregar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) memilih ikut jejak Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) untuk tak hadir di rekonstruksi insiden penembakan 6 laskar Front Pembela Islam (FPI) yang telah digelar Bareskrim Polri.

Atas sikap KontraS dan Komnas HAM itu, pegiat media sosial, Denny Siregar memberikan sindiran ke kedua lembaga independen tersebut.

“Sesudah @KomnasHAM, sekarang giliran @KontraS yang menolak hadir. Katanya netral. Kalo netral, hadir dong lihat peristiwa dari sudut@DivHumas_Polri. Jangan FPI terus yang kalian bela,” kata Denny di akun Twitternya, Rabu (16/12/2020).

Denny menilai baik KontraS dan Komnas HAM, sepertinya tak ingin menyelesaikan masalah tersebut dengan baik-baik.

“Kalian ini mau selesaikan masalah atau mau bakar-bakar isu sebenarnya?” tanya Denny.

Sebelumnya, Koordinator KontraS, Fatia Maulidiyanti, mengatakan lembaganya tak memenuhi undangan Bareskrim Polri lantaran polisi tak bisa memastikan apakah keluarga korban juga akan hadir atau tidak.

“Untuk menjaga independensi KontraS memutuskan untuk tidak hadir. Seharusnya informasi dibuka selebar-lebarnya,” kata Fatia dikutip dari Tempo.

Fatia mengatakan, penembakan enam anggota FPI ini adalah satu dari banyak kasus yang diadvokasi oleh KontraS. Dia mengatakan pada dasarnya harus ada evaluasi menyeluruh terkait dugaan penyelewengan penggunaan senjata api oleh Kepolisian.

“Harapan kami tidak hanya dititikberatkan pada kasus ini tapi pada kasus lainnya juga yang menimpa warga sipil,” ujar Fatia.(msn/fajar)

Komentar


KONTEN BERSPONSOR