Ridwan Kamil Balas Mahfud MD: Mengapa Kepala Daerah Terus yang Harus Diperiksa?

Rabu, 16 Desember 2020 20:26

Mahfud MD dan Ridwan Kamil

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil merespons jawaban Menko Polhukam, Mahfud MD soal pertanggungjawaban kerumunan massa Habib Rizieq Shihab.

Kang Emil sapaan akrabnya mengaku heran kepala daerah seperti dirinya harus dimintai pertanggungjawaban atas izin atau kebijakan yang diberikan pemerintah pusat.

“Siap pak Mahfud. Pusat daerah harus sama-sama memikul tanggung jawab. Mengapa kerumunan di Bandara yang sangat masif & merugikan kesehatan/ekonomi, tidak ada pemeriksaan seperti halnya kami berkali-kali. Mengapa kepala daerah terus yang harus dimintai bertanggung jawab. Mohan maaf jika tidak berkenan,” kata Ridwan Kamil di akun Twitternya.

Sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud MD juga angkat bicara terkait pernyataan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil soal dirinya yang dianggap bertanggungjawab atas kerumunan massa di acara Habib Rizieq Shihab.

Mahfud mengaku bertanggungjawab atas kepulangan HRS hingga mengizinkan imam besar FPI itu dijemput dari Bandara Soekarno Hatta hingga Petamburan.

“Siap, Kang RK. Saya bertanggungjawab. Saya yang umumkan HRS diizinkan pulang ke Indonesia karena dia punya hak hukum untuk pulang,” kata Mahfud di akun Twitter bercentang biru miliknya, Rabu (16/12/2020).

“Saya juga yang mengumumkan HRS boleh dijemput asal tertib dan tak melanggar protokol kesehatan. Saya juga yang minta HRS diantar sampai ke Petamburan,” lanjut mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu.

Komentar


VIDEO TERKINI