Selama 2020, KPPN Makassar II Salurkan Rp1,9 T untuk Dana BOS

Rabu, 16 Desember 2020 10:19

Sosialisasi penyaluran Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Makassar II di sepanjang tahun 2020 telah menyalurkan Rp1,96 Triliun Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk 9.097 sekolah di Provinsi Sulawesi Selatan.

Dana BOS tahap III batch 3 terakhir kali disalurkan sebesar 10,1 miliyar untuk 283 Sekolah pada tanggal 3 Desember 2020.

Penyaluran 1,7 Milyar Dana BOS Reguler 2020 dilakukan tiga tahap.

Tahap I disalurkan sebesar 30%, Tahap II dilakukan paling cepat Mei dan Juni sebesar 40%, dan penyaluran Tahap III sebesar 30% dilakukan bertahap sejak September sampai Desember.

Di samping Dana BOS Reguler, penyaluran alokasi Rp103,9 Milyar Dana BOS Afirmasi dan Rp55,7 Milyar Dana BOS Kinerja telah dilakukan pada Agustus lalu.

Mulai tahun anggaran 2020, penyaluran dana BOS unuk Pengelola Dana BOS di seluruh Provinsi Sulawesi Selatan dilakukan melalui transfer dari Rekening Kas Negara ke rekening sekolah penerima Dana BOS berdasarkan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) yang diterbitkan KPPN Makassar II.

Pelaksanaan tugas penyaluran yang dilakukan KPPN, dilakukan berdasarkan mekanisme yang meliputi koordinasi dan rekomendasi dari Direktorat Jenderal Perimbangan (DJPK).

Kementerian Keuangan dalam hal ini DJPK menerbitkan rekomendasi pencairan setelah berkordinasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Kelancaran penyaluran Dana BOS juga ditentukan oleh peran serta pihak sekolah Pengelola Dana Bos untuk menyampaikan LPJ atau melakukan update data pada sistem dapodik sesuai dengan ketentuan dan batas waktu yang ditetapkan oleh Kemendikbud.

Komentar