Terungkap Penyebab Meninggalnya Hartina, Ibu Hamil yang Diduga Ditolak Empat RS

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Hartina, ibu hamil yang hendak melahirkan namun justru meninggal dunia. Masalah ini, menjadi perhatian serius bagi pihak rumah sakit dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Warga asal Kabupaten Bulukumba ini meninggal usai kejang-kejang dan meninggal dunia di RS Wahidin Sudirohusodo, pada Rabu malam (8/12/2020) lalu.

Dia sempat mendapat pertolongan di RS Wahidin. Sayangnya dalam kurun waktu yang tak cukup lama, dia pun menghembuskan napas terakhirnya di rumah sakit itu.

Beberapa rumah sakit masih berupaya dilakukan konfirmasi oleh Jurnalis Fajar.co.id. Namun belum ada jawaban. Di antaranya RS Labuan Baji, RS Kartini, RS Pelamonia, dan RS Wahidin Sudirohusoso.

Menurut informasi dari RS Labuan Baji, pihaknya telah membahas masalah itu dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulsel, dan beberapa rumah sakit yang tidak bisa memberikan pertolongan kepada almarhumah Hartina.

Sementara itu, hanya pihak RS Ananda yang berhasil dikonfirmasi. Manager Pelayanan Medis RS Ananda, dr Fira, mengatakan, pihaknya tak bisa memberikan pertolongan lantaran minimnya fasilitas yang dibutuhkan oleh pasien.

Apalagi pasien jauh-jauh datang dari Kabupaten Bulukumba hingga ke Makassar. Beberapa kali dirujuk ke rumah sakit lain, hingga akhirnya meninggal dunia bersama bayi yang masih berada di dalam kandungannya.

“Kami sudah melakukan klarifikasi bersamaan dengan RS yang lain ke Wakil Gubernur dan Kepala Dinas Kesehatan. RS Ananda ini tipe C. Kami ada keterbatasan fasilitas. Sedangkan ibu ini butuh layanan insentive care,” katanya, Rabu (16/12/2020).

  • Bagikan