91,22 % Kemenangan, Potret Adnan-Kio Sangat Dipercaya Warga

Kamis, 17 Desember 2020 15:32

Adnan Purichta Ichsan-Abdul Rauf Malaganni (Adnan-Kio) berhasil memecahkan beberapa rekor pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020 di Sulawesi Selatan.

Perolehan suara dari pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Gowa, Adnan Purichta Ichsan-Abdul Rauf Malaganni (Adnan-Kio) berhasil memecahkan beberapa rekor pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020 di Sulawesi Selatan.

FAJAR.CO.ID, GOWA —Hal ini berdasarkan hasil yang dikeluarkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gowa pada Rapat Pleno Terbuka Penghitungan Hasil Perolehan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Gowa Tahun 2020, Rabu, (16/12) di Kantor KPU Gowa. Dimana pasangan berjargon “Doboloki” berhasil meraih suara terbanyak.

Tercatat perolehan suaranya sebesar 91,22 persen atau 377.463 suara sedangkan kotak kosong mengantongi suara 8.78 persen atau 36.325 suara.

Pengamat Sosiologi Politik Universitas Hasanuddin Sawedi Muhammad mengatakan, kemenangan Adnan-Kio yang mencapai 91 persen dari kotak kosong dapat dibaca dalam berbagai perspektif. Pertama, secara sosiologis kultural, Adnan-Kio mewakili representasi masyarakat Kabupaten Gowa yang hampir sempurna.

“Warga Kabupaten Gowa merasa dirinya, harapan dan impiannya terwakili oleh sosok Adnan-Kio. Hal inilah sehingga kepemimpinan Adnan-Kio masih mendapat kepercayaan yang besar dari masyarakat, dan kita tidak bisa pungkiri hal ini,” katanya, Rabu (16/12).

Kedua, secara historis, Adnan dianggap sebagai penerus legacy dari ayahnya, Almarhum Ikhsan Yasin Limpo yang juga pernah menjadi Bupati Gowa dua periode. Bahkan beberapa pihak menilai sosok Adnan dianggap merupakan titisan dari ayahandanya.

Komentar