Bonto Sua Pangkep Jadi Pusat Budi Daya Kerang Mutiara

Kamis, 17 Desember 2020 15:56

Beberapa petani bawang memberikan pupuk kepada tanamannya di Kec Baraka Kab Enrekang beberapa waktu lalu. Pembukaan laha...

FAJAR.CO.ID, PANGKEP — Budi daya kerang mutiara masih masif dilakukan hingga saat ini. Satu pulau dipilih menjadi pusat budi daya, yaitu di Pulau Bonto Sua, Kecamatan Liukang Tupabiring.

Kepala Bidang Pengelolaan Nelayan, Darma mengatakan bahwa, budi daya kerang mutiara sudah dilakukan sejak dua tahun terakhir ini. Pemerintah Kabupaten Pangkep, dalam hal ini Dinas Perikanan Pangkep telah menebar ribuan bibit kerang dua tahun silam di pulau tersebut.

Dikatakan bahwa, saat ini, terdapat 1700 kerang mutiara yang dibudidayakan oleh nelayan setempat. “Budi daya kerang mutiara cukup membantu nelayan sekitar. Hasilnya pun ternyata cukup bagus. Perairan kita masih sangat bersih, sehingga kerang ini dapat berkembang dengan baik, pasarnya ini langsung ke Makassar semua,” jelasnya.

Senada dengan itu, Kabid Pengelolaan Pembudidayaan Ikan, Dinas Perikanan Pangkep, Muh Arsyad Jamal mengatakan, ke depan budi daya kerang mutiara bakal dikembangbiakkan dengan baik. Sebab, perairan Pangkep dikatakan sangat cocok dengan budi daya kerang, apalagi kerang jenis mutiara ini. Hasilnya akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

“Ini kerang yang memang hasilnya digunakan untuk aksesoris. Nilainya tentu terbilang tinggi di kalangan kelas atas. Untuk kelas menengah ke bawah jenis kerang ini masih kurang diminati. Karena waktu budi daya yang cukup lama, maka ini nanti yang akan kita sosialisasikan ke depannya,” imbuhnya.(*)

Bagikan berita ini:
1
9
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar