Foto Kondisi 6 Jenazah Laskar FPI Sebelum Diautopsi Kini di Tangan KomnasHAM

Kamis, 17 Desember 2020 20:56

Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam. (int)

FAJAR.CO.ID — Pengetahuan terkait kondisi jenazah sangat penting untuk mendapat titik terang peristiwa penembakan di Jalan Tol Cikampek.

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengakui, pihaknya telah mendapatkan foto enam jenazah laskar khusus pengawal Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab.

Foto jenazah enam simpatisan FPI itu didapatkan Komnas HAM setelah meminta keterangan dari dokter Rumah Sakit (RS) Polri Kramatjati.

“Kami ditunjukan foto pertama kali sebelum tindakan dan itu adalah posisi paling penting, sehingga memang itu menunjukkan originalitas,” kata Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam di kantornya, Kamis (17/12/2020).

Anam juga menuturkan, foto jenazah yang diberikan RS Polri sebelum dilakukan proses autopsi. Sehingga bisa mengetahui berapa banyak tembakan yang melukai para korban.

“Kalau tanya berapa jumlah lubangnya, di situlah kita mengetahui berapa lubang, juga bagaimana kondisi jenazahnya dan sebagainya. Ini semuanya kami ucapkan terima kasih karena keterbukaan teman-teman kedokteran,” beber Anam.

Kendati demikian, Anam tidak bisa membeberkan secara rinci berapa tembakan yang mengenai setiap korban.

“Kami tidak bisa menyebutkannya saat ini, karena kami harus mengkonsolidasi lagi data yang kami punya. Sebab datanya ini tidak dari satu pihak,” pungkas Anam.

Untuk diketahui, bentrokan antara polisi dan laskar pengawal Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab di Tol Jakarta-Cikampek KM 50 pada Senin (7/12) pukul 00.30 WIB menimbulkan informasi simpang siur. Dalam insiden itu, polisi menembak mati enam orang laskar FPI.

Komentar


VIDEO TERKINI