Pakar Komunikasi Ungkap Strategi Fatma Menangkan Pilkada Makassar

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pesta demokrasi di Kota Makassar baru saja digelar. Hasilnya, memunculkan wajah wanita sebagai pemenang. Sosok itu adalah Fatmawati Rusdi, Calon Wakil Wali Kota Makassar yang mendampingi Danny Pomanto.

Paslon dengan tagline “Adama” ini meraup suara terbanyak dan diprediksi kuat bakal memenangi Pilkada Makassar 2020.

Pakar komunikasi UIN Alauddin Makassar, Irnawati M.Ikom memandang Fatma memanfaatkan strategi komunikasi langsung (door-to-door). Cara ini dinilai lebih efektif ketimbang pencitraan melalui sejumlah kanal sosial media.

“Berdasarkan analisis saya melalui pemberitaan media. Saat masa kampanye, Fatma rutin menemui warga secara langsung. Cara ini berhasil meningkatkan popularitasnya,” katanya.

Dia menjelaskan door to door merupakan strategi yang sering diterapkan oleh kandidat kepala daerah dengan cara menyambangi rumah warga, lingkungan tertentu hingga tempat ibadah untuk dapat menjalin komunikasi lebih intim dengan warga.

“Strategi tatap muka dengan warga dapat meningkatkan tingkat elektabilitas sehingga dikenal publik,” jelasnya.

Menurutnya, kehadiran Fatma juga diapresiasi para pemilih di Makassar yang didominasi perempuan. Faktor pencitraan tidak selamanya mempengaruhi, melainkan terselip harapan masyarakat yang haus perubahan.

“Perempuan tentu mengetahui apa yang diperlukan perempuan. Ini juga yang menjadi daya tarik,” tambahnya.

Sementara dari sisi kapasitas, pengalaman dan kemampuan, Fatmawati tidak perlu lagi diragukan. Pernah menjadi anggota DPR RI sehingga memiliki jejaring nasional.

  • Bagikan