Syarat Vaksin Covid Gratis Harus Jadi Peserta BPJS, Wakil Ketua MPR Pertanyakan Komitmen Pemerintah

Kamis, 17 Desember 2020 18:52

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Presiden Joko Widodo baru saja mengumumkan bahwa vaksin Covid-19 akan diberikan secara gratis kepada masyarakat Indonesia.

Hal itu disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui pernyataan resmi yang ditayangkan di akun Youtube resmi Sekretariat Presiden, Rabu (16/12/2020).

“Setelah menerima banyak masukan dari masyarakat dan setelah melakukan kalkulasi ulang melakukan perhitungan ulang mengenai keuangan negara, dapat saya sampaikan bahwa vaksin Covid-19 untuk masyarakat adalah gratis. Sekali lagi gratis, tidak dikenakan biaya sama sekali,” ujarnya dalam tayangan resmi tersebut.

Jokowi juga menginstruksikan kepada seluruh jajarannya di kabinet, kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah untuk memprioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021.

“Saya juga menginstruksikan dan memerintahkan kepada Menteri Keuangan untuk memprioritaskan dan merealokasi dari anggaran lain terkait ketersediaan dan vaksinasi secara gratis ini sehingga tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak mendapatkan vaksin,” perintah Jokowi.

Hanya saja, vaksin gratis yang diumumkan Presiden Jokowi ternyata bersyarat. Juru Bicara Program Vaksinasi Siti Nadia Tarmizi menyebutkan masyarakat yang menerima vaksin gratis harus terdata di BPJS Kesehatan.

Bagikan berita ini:
3
2
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar