Anggota DPR RI: Gakkum KLHK Harus Turun Selidiki Tambang Batu Bara Lamuru

Andi Akmal Pasluddin

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Tambang batu bara di Bone jadi perhatian DPR RI. Direktorat Jenderal Penegakan Hukum (Gakkum) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) diminta turun menyelidiki kerusakan lingkungan.

Anggota Komisi IV DPR RI asal Sulsel, Andi Akmal Pasluddin mengatakan aktivitas penambangan yang berdampak pada kerusakan lingkungan harus dievaluasi. Termasuk penambangan batu bara di Bone yang belakangan diprotes warga setempat.

“Saya akan lanjutkan masalah ini ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Saya minta Balai Gakkum KLHK Sulawesi segera turun menyelidiki,” ungkapnya kepada FAJAR, Jumat (18/12/2020).

Kata dia, aktivitas pertambangan tentu tak dilarang asal memperhatikan kaidah lingkungan dan dampak sosial. Amdal usaha pertambangan ini mesti dievaluasi. Jangan sampai ada konflik bila benar masuk kawasan adat.

“Gakkum KLHK sebagai pihak yang memiliki otoritas, kami desak segera melakukan penyelidikan, penyidikan, serta penindakan terhadap pelanggaran lingkungan. Jangan biarkan kegiatan penambangan tersebut menjadi pemicu konflik,” tegasnya. (agung/fajar)

Komentar


KONTEN BERSPONSOR