Covid-19 Tinggi, Wahab Tahir: Penerapan Belajar Tatap Muka Jangan Asal-asalan

  • Bagikan

Lebih jauh Wahab mengatakan penerapan sekolah tatap muka di daerah selayaknya tidak boleh dilakukan asal-asalan. Situasi daerah jelas berbeda dengan sekolah SMA yang dinaungi oleh Provinsi. Butuh kehati-hatian dan perlu dijaga oleh seluruh pihak.

"Ini tidak boleh asal, kalau SD sama SMP itu harus dipikir baik karena tingkat pelanggaran itu berpotensi tinggi," pungkasnya.

Penawaran ini bukanlah sekali diberikan oleh dewan. Namun, wacana tersebut belum bisa direalisasikan, lantaran Pemkot Makassar khawatir adanya pelonjakan penularan covid-19 utamanya bagi anak-anak.

Di tempat berbeda, Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin menegaskan pembukaan sekolah tatap muka mesti mendapat persetujuan orang tua.

Bukan hanya itu, kesiapan protokol kesehatan di sekolah juga harus benar benar siap. Tidak boleh asal buka begitu saja. Pasalnya menyangkut keselamatan penerus bangsa.

"Yang terpenting adalah pelaksanaan belajar langsung ada kesepakatan dasar dulu antara orang tua yang anaknya mau disekolah dengan sekolah terkait kesiapannya, kalau dia sudah sepakat kita tinggal lindungi dengan kebijakan dan regulasi," ungkapnya, Senin (14/12/2020).

Selain itu, lanjut Rudy, kondisi tiap daerah juga mempengaruhi proses pembukaan sekolah tatap muka ini. Jika masih zona merah, maka tidak diperkenankan untuk membuka. (endra/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan