Hobi Berkebun di Sela Kesibukan Kerja

Jumat, 18 Desember 2020 15:01

Ketua DPD Inkindo Sulsel Satriya Madjid untuk menjalani hobinya beraktivitas di kebunnya.

“Untuk lahan saya di Maros ini saya tanam jagung F-1 untuk bibit unggul. Bibit unggul ini ditanam lanjut untuk hasil yang maksimal,” ucapnya.

Pria yang juga Ketua DPP Inkindo Sulsel ini, kini sedang gencar mengajak teman seprofesi dan koleganya untuk menggeluti dunia pertanian. Menurutnya dunia pertanian sangat menjanjikan.

Menjadi petani tidak selamanya harus bersentuhan dengan penggarapan tanah. Bisa juga dengan menjadi penyedia lahan dan bibit. Sedangkan pengolahannya dilakukan oleh orang lain.

Cara ini akan membuka peluang kerja untuk para petani. Selain itu dengan terlibatnya dalam pertanian akan bisa memutus rantai tengkulak yang selama ini menguasai hasil pertanian.

“Penghasilan petani sebetulnya itu banyak, mengalahkan pegawai atau buruh. Namun tekendala dari belitan hutan dari tengkulak. Ini yang harus diputus,” akunya.

Alumnus Magister perencaan wilayah dan kota Universitas 45 ini menambahkan, dia juga sering mengajak petani binaanya untuk berkumpul untuk berbagi informasi. Sakadar kumpul untuk bakar ikan dan minum kopi. Cara ini membuatnya serasa ada di kampung halamannya.

“Suasana di kebun itu nyaman, udarahnya bersih dari polusi. Bisa juga membuat kita tenang,” kuncinya (*)

Komentar


VIDEO TERKINI