Minta Kerjasama Warga Tangani Banjir, Rudy Djamaluddin: Kalau Ada Keluhan Tolong Dilaporkan!

Jumat, 18 Desember 2020 17:09

Ilustrasi banjir

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Hujan terus mengguyur Kota Makassar belakangan ini. Sejumlah pemukiman warga tidak terhindar dari genangan maupun banjir.

Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin, mengatakan pihaknya telah mengantisipasi hal tersebut. Sejumlah perbaikan saluran air telah dilakukan melalui peran Satuan Tugas (Satgas) Drainase Dinas Pekerjaan Umum (PU).

Rudy meminta peran warga untuk mengawasi. Jika ada saluran yang tersumbat atau banyak sedimennya diminta segera melaporkan ke pihak terkait agar ditindaklanjuti secepatnya.

“Kita tidak tinggal diam, satgas drainase terus bergerak lakukan pembersihan. Kalau ada keluhan tolong dilaporkan, insya Allah kita akan tindaklanjuti,” ungkapnya, Jumat (18/12/2020).

Selain itu, Rudy menyebutkan ada beberapa faktor lain yang bisa memicu banjir. Seperti warga yang membuang sampah sembarangan. Gaya hidup ini mengakibatkan penumpukan sampah dan meningkatkan laju sedimentasi di saluran air.

“Terkait potensi genangan dan banjir di Makassar ada dua penyebabnya, yaitu akibat penyempitan drainase akibat warga belum sadar membuang sampah di selokan dan saluran drainase,” kata Rudy saat ditemui,

Rudy juga menilai sebagian besar kontruksi drainase menyempit dan tertutup. Kondisi ini membuat air sulit mengalir dan menjadi kendala saat dilakukan pemeliharaan.

“Curah hujan terjadi perubahan, tinggi dalam kurun waktu yang pendek. Kalau kita bicara teknis pasti tersendat saluran air, inilah