Minta Vaksin Covid Tak Dipolitisir, Prof Jimly: Saya Juga Siap Jadi Pelopor

Jumat, 18 Desember 2020 18:02

Prof Jimly Asshiddiqie-- jawa pos

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Anggota DPD RI, Prof Jimly Asshiddiqie meminta permasalahan vaksin virus corona (Covid-19) untuk tak dipolitisasi.

Menurutnya, pemerintah sudah berusaha keras untuk mengadakan vaksin Covid-19. Termasuk dengan melakukan kerjasama dengan lembaga dari luar negeri.

“Jika vaccine covid-19 sudah tersedia, kita semua mesti siap untuk manfaatkn sebagai ikhtiar untuk sehat atasi ancaman pandemi,” kata mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu di akun Twitter miliknya, Jumat (18/12/2020).

Menurut Ketua Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) itu, semua vaksin yang ada saat ini telah melalui beberapa rangkain uji coba. Sehingga bisa dijamin keamanannya, termasuk dari segi kehalalannya.

“Semua produk vaccine dari mana saja sudah pasti tidak diproduksi asal-asalan tanpa ilmu & prototype hasil riset. Janganlah smua dipolitisir, mari kita manfaatkan,” jelasnya.

Bahkan, mantan Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) ini siap ikut menjadi orang pertama yang disuntik vaksin Covid-19 dari pemerintah. “Saya juga siap ikut pelopori,” ungkapnya.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo telah menyatakan akan menggratiskan vaksin covid-19 untuk masyarakat.

Hal itu dilakukannya setelah menerima masukan masyarakat dan melakukan perhitungan ulang mengenai keuangan negara.

Jokowi pun memerintahkan kepada jajaran kabinet dan pemerintah daerah untuk memprioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021.(msn/fajar)

Komentar