Pasien OTG Covid-19 Membludak, Hotel Mulai Kewalahan

Jumat, 18 Desember 2020 13:45

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah-- fajar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah mengatakan kasus pasien positif Covid-19 di Sulawesi Selatan didominasi oleh orang-orang yang tanpa gejala.

Hal itu berdasarkan indikator rumah sakit yang dinilai masih stabil dari sisi okupansi dan tempat tidur. Sebagaimana diketahui, pasien Covid-19 yang dirujuk ke rumah sakit adalah pasien yang memiliki penyakit bawaan atau komorbit.

“Kita di Sulsel 80 persen itu pasien Orang Tanpa Gejala (OTG),” ucap Nurdin, Jumat (18/12/2020).

Tentu dengan meningkatnya pasien Covid-19 dengan status tanpa gejala, memberikan dampak pada okupansi hotel yang masuk dalam program Duta Wisata Covid-19.

Diketahui saat ini Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan telah melakukan penambahan sebanyak 3 hotel yang dari sebelumnya hanya 2 hotel. Yakni Hotel Kenari, Hotel Yasmin dan hotel yang berlokasi di Kabupaten Parepare.

“Rumah sakit kita sekarang stabil, tapi hotel ini yang kewalahan,” beber Nurdin.

Kendati trend positif naik, ia menyebut bahwa angka reproduksi efektif (Rt) mengalami penurunan. Selain itu, Nurdin mengklaim angka kematian juga ikut turun.

Eks Bupati Bantaeng itu menjelaskan, naiknya angka kasus Covid-19 disebabkan beberapa faktor salah satunya transmisi lokal. Sehingga, pihaknya harus mencari sumber penularan virus tersebut.

Ia memprediksi indikasi awal sumber penularan terjadi dalam rumah tangga. “Misalnya bapaknya kena virus, terus sampai di rumah akhirnya menyebar ke satu rumah,” tutupnya.

Komentar


VIDEO TERKINI