Ketinggian Air di Malam Hari Meningkat, Petugas Kesulitan Evakuasi Korban Banjir

Minggu, 20 Desember 2020 21:57

Beberapa warga dievakuasi menggunakan perahu karet-- fajar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Guyuran hujan sejak beberapa hari terakhir, membuat puluhan rumah yang ada di Perumahan Manggala Permai, Jalan Bangkala Raya, Makassar tergenang banjir, Minggu (20/12/2020).

Bahkan hingga pada malam ini pukul 21.25 Wita, ketinggian air justru kian meningkat. Sejumlah petugas pun harus bekerja ekstra untuk mengevakuasi para korban banjir tahunan ini.

“Saat ini air semakin tinggi 30 sentimeter dan sudah sampai di pinggang orang dewasa,” kata Komandan Regu 1.1. Damkar Makassar, Hidayat di lokasi.

Para petugas tampak bersusah payah mengevakuasi para warga, menggunakan perahu karet. Bahkan ada pula warga yang menolak dievakuasi dan memilih bertahan di rumahnya.

“Sempat ada warga yang masih bertahan dan juga terjebak di lokasi banjir,” tambah dia.

Warga yang telah dievakuasi telah mengungsi ke beberapa lokasi yang bebas banjir. Pantauan di lokasi, ketinggian air saat ini sudah sampai di pinggang orang dewasa.

Selain itu, petugas juga tampak bersusah payah mencari warga yang hendak mengungsi dan harus melewati deras air yang mengalir.

Banjir yang terjadi disebabkan karena meluapnya sebuah kanal yang berada di dekat perumahan itu. Ditambah lagi kondisi tanah yang rendah membuat perumahan itu menjadi langganan banjir setiap tahun.

Namun itu tetap tidak menyurutkan semangat petugas untuk tetap mengevakuasi warga hingga pada malam hari, meskipun minim bantuan cahaya.

Komentar