PWI Siap Gelar UKW Tiap Triwulan

Minggu, 20 Desember 2020 20:40

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulsel, siap mengintenskan Uji Kompentensi Wartawan (UKW). Bakal digelar setiap triwulan.

Hal itu diungkapkan Ketua PWI Sulsel, HM Agus Salim Alwi Hamu pada penutupan UKW Angkatan XX, di Gedung Graha Pena Lantai 19, Minggu, 20 Desember.

Kegiatan ini berlangsung sejak Sabtu, 19 Desember lalu. Agus menuturkan, UKW adalah tolok ukur dalam melihat profesionalisme wartawan. Apalagi, di era digital ini semua dituntut untuk mampu berinovasi. Kompetensi inilah yang akan menjadi modal besar.

“Insyaallah ke depan per triwulan kita adakan UKW dengan menghadirkan penguji-penguji dari pusat yang tentunya peofesional. Jadi terbuka terus peluang untuk punya sertifikasi kompetensi,î ujar Direktur Utama FAJAR itu.

Agus mengatakan, di era digital ini persaingan akan jauh lebih berat. Menurutnya, lawan yang saat ini dihadapi pegiat atau perusahaan pers adalah media sosial (medsos).

“Di Harian FAJAR tidak ada yang tidak ikut uji kompetensi. Semua saya dorong ikut. Makanya saya pikir wajib bagi perusahaan media untuk mengikutkan wartawannya uji kompetensi,” ucapnya.

Salah seorang peserta, Rizal mengaku banyak mendapatkan pelajaran baru dari UKW ini. Menurutnya, selain menguji kemampuan wartawan, juga memberi pengarahan terkait dunia pers.

“Termasuk di dalamnya kode etik, karena kadang kita di lapangan menganggap itu hal sepele. Nah, dari UKW ini kita menyadari ketaatan itu perlu dilakukan,” ujarnya.

Komentar