7 Tips Meminimalisir Biaya saat Renovasi Rumah Pakai Pinjaman Online

  • Bagikan
  1. Gunakan Sistem Borongan

Dalam merenovasi rumah, Anda pasti sudah tahu jika terdapat dua sistem pembayaran yang bisa dipilih, yakni sistem borongan atau harian. Saat budget terbatas, renovasi rumah dengan sistem borongan tentu lebih baik untuk dipilih karena akan menjadi lebih hemat.

Nilai tambahnya lagi, Anda tak perlu lagi memikirkan berapa biaya yang harus diberikan kepada para pekerja setiap hari karena sudah menjadi tanggung jawab dari pemborong. Namun, pastikan untuk memilih jasa dari orang yang tepercaya agar terhindar dari risiko penipuan atau penggelapan dana.

  1. Siapkan Sendiri Material Renovasi

Menekan biaya renovasi rumah juga bisa dilakukan dengan menyiapkan sendiri material yang dibutuhkan. Dengan begitu, Anda dapat menyesuaikan harga material yang akan dibeli dengan perencanaan dan budget yang tersedia. Selain itu, cara ini juga menghindarkan Anda dari potensi munculnya biaya tambahan yang mungkin tidak jelas asal-usulnya.

  1. Sewa Jasa Tukang Bangunan Terpercaya

Kunci kesuksesan merenovasi rumah adalah dari tukang bangunannya. Jika asal memilih tukang bangunan tanpa mengetahui kualitas kerjanya, bukan tidak mungkin hasilnya tidak akan sesuai dengan ekspektasi. Impian miliki rumah idaman dengan suasana yang baru pun bisa menjadi berantakan.

Oleh karena itu, demi menjamin hasil akhirnya maksimal, pastikan untuk menyewa jasa tukang bangunan yang terpercaya. Cari tahu dulu pengalaman dan hasil proyek yang pernah dilakukan. Bila perlu, lakukan diskusi mengenai perencanaan renovasi yang ingin Anda lakukan dan tanyakan apakah tukang bangunan tersebut mampu untuk merealisasikannya dengan budget yang tersedia.  

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan