Anies Perpanjang PSBB Transisi 2 Pekan

Senin, 21 Desember 2020 13:48

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memperpanjang PSBB Transisi selama dua pekan ke depan (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

Sementara itu, rata-rata positivity rate harian per bulan di DKI Jakarta tercatat stabil di angka 9 persen selama 3 bulan terakhir, yaitu 9,6 persen (Oktober); 9,1 persen (November) dan 9,6 persen (Desember). Adapun standar aman positivity rate dari WHO adalah di bawah 5 persen. Sedangkan Nilai reproduksi efektif (Rt) yang menjadi indikasi tingkat penularan di masyarakat menunjukkan skor 1,06 per 19 Desember 2020. Nilai Rt harus berada di bawah 1 agar wabah Covid-19 terkendali dengan baik.

“Jika kita melihat indikator dari BNPB, terjadi transisi risiko dari yang tadinya sedang menjadi tinggi, di mana skor kita pada minggu sebelumnya sebesar 1,8975 menjadi 1,8025 pada minggu ini, yang diakibatkan dari kenaikan kasus positif dan kasus positif yang dirawat di rumah sakit,” jelas Widyastuti.

Atas dasar itu, Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan memutuskan memperpanjang PSBB masa transisi. Upaya yang akan dilakukan yakni lebih kepada mengendalikan mobilitas penduduk yang memiliki potensi lonjakan kasus. Terutama datangnya libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 atau Nataru.

“Mobilitas penduduk ini akan kami pantau dan dikendalikan agar tak terjadi penularan, baik orang dari luar ke Jakarta maupun sebaliknya, sehingga perlu bagi kita khususnya para keluarga di Jakarta untuk menahan diri tidak melakukan aktivitas liburan ke luar rumah, terlebih keluar dari Jakarta,” tutup Anies. (JPC)

Komentar