Hujan Deras, Duta Edukasi Perubahan Perilaku Bagi Masker kepada Warga

Senin, 21 Desember 2020 14:13

Duta Edukasi Perubahan Perilaku saat membagikan masker kepada masyarakat-- istimewa

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dalam upaya menangani penyebaran kasus covid-19 di Indonesia, Tim 75 Duta Edukasi Perubahan Perilaku (EPP) Satuan Tugas Penanganan Covid-19 turun ke lapangan untuk membagikan masker kepada warga.

Riswandy Wasir (Dosen STIFA Makassar), selaku ketua TIM menyampaikan bahwa Tim 75 Duta EPP adalah kumpulan mahasiswa dan dosen yang di Sulawesi Selatan yang ditunjuk oleh kemendikbud untuk mendukung Satgas Penanganan Covid-19, khususnya dalam program perubahan perilaku.

Selain membagikan masker, tim ini ditugaskan untuk memetakan permasalahan yang ditemui di lapangan terkait dengan pelaksanaan protokol kesehatan serta melakukan survei identifikasi masyarakat yang ditemui di lapangan.

Dari hasil pantauan Fajar, Tim 75 duta EPP berkumpul di Masjid Al-Markas Maros kemudian membagi diri di beberapa lokasi di Maros untuk melakukan pemantauan protokol 3M, mengedukasi warga dan membagikan membagikan Masker.

Beberapa lokasi yang dikunjungi adalah Bandara Internasional Hasanuddin, Grand Mall Maros, dan beberapa pasar tradisional di Maros.

Berdasarkan hasil pengamatan Tim 75, mayoritas masyarakat di Bandara Hasanuddin sudah menggunakan Masker.

Namun sayangnya masyarakat masih kesulitan untuk menjaga jarak, khususnya di area kedatangan. Hal ini disebabkan karena ada proses pembangunan yang menyebabkan beberapa area harus ditutup.

Selain itu, masyarakat juga masih jarang mencuci tangan karena tempat cuci tangan hanya tersedia di toilet.

Komentar