Rumah Sakit Rujukan di Surabaya Hampir Penuh Pasien Terpapar Covid-19

Senin, 21 Desember 2020 08:20

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. (Humas Pemkot Surabaya/Antara)

FAJAR.CO.ID, SURABAYA — Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyebut sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 di ibu kota Provinsi Jawa Timur, hampir penuh pasien terpapar virus korona jenis baru.

”Makanya saya sampaikan kepada warga untuk sementara kalau tidak terpaksa tidak ke luar kota dulu,” kata Risma seperti dilansir dari Antara di Surabaya.

Dia menjelaskan, saat ini sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 di Surabaya hampir penuh. Bahkan ada pula yang sudah penuh pasien yang rata-rata terpapar virus usai bepergian dari luar kota.

”RS Husada Utama itu kurang lebih masih 100 (tempat tidur), kemudian RSUD Shoewandi penuh. Di beberapa rumah sakit lain kapasitasnya sekitar 10–20 persen,” ujar Risma.

Meski ruang isolasi di Asrama Haji kapasitasnya kosong, Wali Kota Risma menyatakan, belum berani menggunakan bagi pasien dengan gejala terpapar virus. Saat ini, semua warga yang terpapar Covid-19 disertai gejala langsung dirujuk ke rumah sakit.

”Asrama Haji sebetulnya masih kosong. Tapi kita tidak berani meskipun itu dia ada gejala-gejala. Sekarang ini semua kita rujuk ke rumah sakit,” tutur Risma.

Namun begitu, wali kota perempuan pertama di Surabaya itu menyatakan, bakal berdiskusi dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk mendapatkan masukan-masukan terkait dengan pemanfaatan Asrama Haji bagi pasien Covid-19 disertai gejala.

Komentar