Dr Wisnu Widjanarko: Kasih Sayang Ibu Merupakan Penyemangat Keluarga di Tengah Pandemi

Selasa, 22 Desember 2020 11:48
Belum ada gambar

Akademisi dari Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Dr Wisnu Widjanarko. Foto: Antara

Hal itu, kata dia, dapat dilakukan dengan membuat waktu khusus untuk berkumpul keluarga, dengan cara yang sederhana tapi berarti, seperti makan bersama, menonton televisi bersama, menemani anak belajar dan lain sebagainya.

Ia menambahkan bahwa peringatan Hari Ibu setiap 22 Desember merupakan momentum yang tepat untuk mengoptimalkan peran ibu dalam pembentukan karakter anak.

“Ibu adalah ruh dari pembentukan karakter anak. Melalui keteladanan dalam tutur dan laku sikap, maka ibu akan menginspirasi anak untuk menjadi pribadi yang rendah hati, tangguh dalam menghadapi gelombang kehidupan dan juga peka terhadap keadaan sekitar,” katanya.

Dia mengatakan dengan adanya keteladanan seorang ibu maka akan selalu memberi makna dalam setiap kehadirannya bagi si buah hati “Yang paling penting pada saat ini adalah ibu perlu menjadi teladan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat agar dapat dicontoh oleh anak-anaknya, karena keteladanan dan contoh nyata akan lebih efektif dibanding dengan sebuah nasihat,” katanya.

Selain itu, peringatan Hari Ibu merupakan momentum yang tepat untuk rutin mengajak anak berdialog guna menciptakan komunikasi efektif dan makin mendekatkan hubungan antara ayah, ibu dan anak-anaknya.

“Pada masa pandemi seperti sekarang ini dialog antara orang tua dan anak perlu makin diintensifkan,” demikian Wisnu Widjanarko. (ant/jpnn/fajar)

Bagikan berita ini:
1
5
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar