Libur Nataru, Jumlah Penumpang di Pelabuhan Soekarno Hatta Turun Drastis

Selasa, 22 Desember 2020 20:46

ILUSTRASI Kapal Pelni. (JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kepala Bidang Lalu Lintas Laut (Kabid Lala) Otoritas Pelabuhan (OP) Makassar, Sirajuddin mengatakan hingga kini aktivitas penumpang di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar terpantau lancar.

Ia mengaku terjadi penurunan kunjungan penumpang jelang Natal dan tahun baru kali ini. Hal itu disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya dengan mewabahnya pandemi Covid-19 yang sebagian masyarakat mengurungkan niat untuk melakukan perjalanan lintas daerah maupun provinsi.

Sirajuddin menyebut penurunan terjadi secara signifikan. Pihaknya mencatat, terjadi penurunan terhadap kunjungan penumpang, baik yang turun maupun yang naik dari pelabuhan Soekarno Hatta.

“Dibandingkan dengan tahun lalu, keseluruhannya itu yang kita catat waktu H -7 sampai H -4 penumpang yang turun di pelabuhan Makassar -45 persen, sementara penumpang yang naik dari Pelabuhan Makassar juga turun sampai -65 persen,” kata Sirajuddin, saat dihubungi fajar.co.id, Selasa (22/12/2020).

Ia membeberkan, sejauh ini penumpang yang naik dari Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, lebih banyak melakukan perjalanan tujuan ke Maumere, Nusa Tenggara Timur.

Sedangkan untuk protokol kesehatan di pelabuhan yang terletak di jalan Nusantara ini telah melakukan antisipasi penyebaran viruss Covid-19, dengan membuka posko penanganan penumpang angkutan laut yang sudah berlangsung sejak tanggal 18-8 Januari 2021.

Sirajuddin membeberkan, berdasarkan Surat Edaran Dirjen Perhubungan Laut Nomor 21 Tahun 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Selama Masa Libur Natal dan Tahun Baru Dalam Masa Pandemi Covid-19.

Komentar