1200 Orang Terjangkit dalam Sepekan, Kasus Covid-19 di Makassar Ciptakan Rekor

Rabu, 23 Desember 2020 22:23
Belum ada gambar

ILUSTRASI. Corona

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kasus Covid-19 di Kota Makassar ciptakan rekor baru. Dalam seminggu jumlah kasus mencapai 1200 orang.

Epidemiologi Universitas Hasanuddin, Ansariadi, mengatakan, angka tersebut merupakan yang tertinggi sejak pandemi mewabah awal tahun ini.

“Dua minggu 600 kasus baru positif, minggu lalu 1200 kasus, naik dua kali lipat. Jumlah kasus yang tertinggi rekor sejak awal pandemi,” ungkapnya, Selasa (22/12/2020).

Data dari Senin sampai Minggu peningkatan kasus sangat drastis. Dalam seminggu terakhir, terjadi peningkatan dua kali lipat dari bulan sebelumnya.

“Bulan Juni dan Juli 600 sampai 700 kasus saja. ini artinya penularan cukup masif dan memperkirakan 1 atau 2 minggu ini masih sama kasusnya,” ucap Ansariadi.

Penyebab tingginya kasus ini, kata Ansariadi akibat proses penyelenggaraan Pilkada. Ditambah aktivitas masyarakat yang hampir kembali seperti semula sebelum adanya Covid 19.

“Kenapa? Ada dua penyebab, pertama efek kegiatan Pilkada yang dilakukan yang sudah diprediksi. Kedua, akitivitas masyarakat yang mulai normal,” terang Ansariadi.

Untuk mencegah penularan lebih luas, Ansariadi menekankan agar pasien positif untuk isolasi mandir. Baik di hotel maupun di rumah.

Ia menilai upaya Pemkot Makassar untuk membatasi dan menutup tempat wisata yang berpotensi menyebarkan kasus sudah tepat.

“Selain itu, satgas terus berupaya mencari secara aktif di 47 puskesmas agar semua yang terindikasi positif bisa ditemukan agar tak menularkan ke masyarakat,” katanya.

Bagikan berita ini:
5
3
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar