Guz Yaqut Menteri Agama, Begini Pesan, Bukhori Yusuf

Gus Yaqut. ANTARA/HO-Biro Pers Setpres

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Presiden Jokowi menunjuk Ketua Umum GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut sebagai menteri agama (menag) menggantikan Fachrul Razi.

Anggota Komisi VIII DPR RI Bukhori Yusuf berharap setelah resmi menjadi menag, Yaqut Cholil Qoumas berani meninggalkan jauh bayang-bayang partainya, sehingga bisa bekerja lebih profesional.

“Kami berharap beliau bisa bekerja sebagai seorang negarawan, yang sudah harus berani meninggalkan jauh-jauh dari bayang-bayang partainya sehingga bisa bekerja lebih profesional,” kata Bukhori melalui pesan singkat yang diterima di Jakarta, Selasa (22/12).

Gus Yaqut selama ini dikenal sebagai pemimpin muda Muslim. Gus Yaqut lahir di Rembang, 4 Januari 1975, merupakan putra dari KH Muhammad Cholil Bisri, salah satu pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Ia adalah saudara dari Yahya Staquf, tokoh Nahdlatul Ulama (NU) dan Gus Yaqut selama ini juga banyak dikenal sebagai tokoh muda Rembang.

Lulus dari SDN Kutoharjo (1981 – 1987), Gus Yaqut lantas melanjutkan pendidikannya ke SMPN II Rembang (1987 – 1990). Selanjutnya meneruskan pendidikannya ke SMAN II Rembang (1990 – 1993) dan menempuh pendidikan sarjana di Universitas Indonesia jurusan sosiologi.

Di Senayan, Gus Yaqut menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR RI. (ant/jpnn/fajar)

Komentar


KONTEN BERSPONSOR