Irjen Petrus Reinhard Golose Jabat Kepala BNN, Seperti Ini Kiprahnya

Rabu, 23 Desember 2020 14:33

Irjen Pol Petrus Reinhard Golose (kanan). Foto: Antara

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Tongkat estafet Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) berganti. Presiden Joko Widodo melantik mantan Kapolda Bali Irjen Petrus Reinhard Golose sebagai kepala BNN di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/12).

Pria kelahiran Manado, 27 November 1965 ini merupakan lulusan Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian pada 1998.

Petrus kemudian melanjutkan program Magister Manajemen pada tahun 2002. Dalam perjalanan kariernya, Petrus pernah terlibat sebagai penjaga perdamaian PBB di Kamboja-UNTAC pada tahun 1993 dan Bosnia pada 2000 hingga 2001.

Kiprah Petrus dalam penyidikan internasional juga tidak kalah banyak. Dia pernah terlibat dalam penyidikan internasional di Singapura, Malaysia, Amerika Serikat, Jepang, Timor Timur, New Zealand, Thailand, Philipina, dan Kamboja.

Sebelum menjadi Kapolda Bali, Petrus telah menduduki sejumlah jabatan di Polri. Pada 2006, dia pernah menjabat sebagai Kepala Unit V IT & Cybercrime Bareskrim Polri. Dia juga pernah menjabat sebagai Deputi Bidang Kerja Sama Internasional Badan Nasional Penanggulangan Terorisme.

Selain itu, dia juga pernah mendapatkan kenaikan pangkat luar biasa setelah bergabung dalam Tim Densus 88 Antiteror.

Dia membantu melumpuhkan kelompok teroris Dr Azahari di Batu, Malang, pada 9 November 2005. Tak hanya terlibat dalam penanganan terorisme, pria yang masuk Akademi Kepolisian pada 1988 ini juga pernah menangani kasus hacking di Indonesia yaitu hacking website KPU dan Partai Golkar.

Komentar