Menteri Agama Afganistan: Rakyat Afganistan Bahagia Atas Kunjungan JK

Rabu, 23 Desember 2020 18:39

FAJAR.CO.ID — Menteri urusan Haji dan Agama Afganistan, Mohammad Qasim Halimi, menyatakan pihaknya sangat berbahagia atas kunjungan JK ke Afganistan untuk membantu mencari jalan keluar dari konflik yang kerap melanda negaranya. Untuk itu Qasim berharap dengan kedatangan JK tersebut maka ada titik terang untuk menuju rekonsiliasi antara pemerintah dan sejumlah faksi di Afganistan.

Hal itu disampaikan Qasim saat berbincang dengan JK di ruang VIP Bandara Internasional Hamid Karzal Kabul pada Rabu, 23 Desember 2020.

“Suatu yang sangat membahagiakan bagi orang Afganistan untuk kedatangan bapak, tadi bapak presiden menyampaikan semua menyambut bahagia bapak, karena Indonesia selalu membuat keajaiban, semoga di akhir bulan desember ini atau di awal tahun 2021 bisa menjadi poin untuk melakukan rekonsiliasi,” ujar Qasim Halimi yang ditugaskan untuk menyambut kedatangan JK dan rombongan.

Kunjungan JK ke Afganistan tersebut dalam rangka memenuhi undangan dari Pemerintah Afganistan untuk mencari jalan keluar terkait konflik dan kekerasan yang kerap melanda negara tersebut.

Jubir JK, Husain Abdullah, mengungkapkan, kunjungan JK ke Afganistan kali ini merupakan lanjutan dari upaya perdamaian yang telah dirintis JK ketika masih menjabat sebagai wapres RI. Kunjungan tersebut atas sepengetahuan wapres RI Ma’ruf Amin yang mendukung pertemuan tersebut dengan membekali JK dengan sejumlah bahan.

Ada pun yang menyertai JK dalam kunjungan misi kemanusiaan dan perdamaian tersebut adalah Wakil Ketua Dewan Pertimbangan MUI Pusat, KH Muhyiddin Junaidi, Komisi Hubungan Internasional MUI Pusat, Sudarnoto Abdul Hakim, Komisi Pemberdayaan Perempuan MUI Pusat, Murniati Mukhlisin PhD, Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri PMI Pusat, Prof Dr Hamid Awaluddin, Komite Operasi Kemanusiaan PMI Pusat, Husain Abdullah. (rls)

Komentar