Sejumlah Kios Terancam Dihantam Longsor, Pemilik Enggan Pindah

Rabu, 23 Desember 2020 18:21

Personel kepolisian mengingatkan warga bahaya longsor.

FAJAR.CO.ID, GOWA — Sejumlah kios milik para pedagang yang berada di tepi Jalan Poros Malino, Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa mesti waspada.

Pasalnya, kios milik mereka yang terbuat dari kayu itu rawan tertimpa material longsor yang jatuh dari atas tebing, saat hujan mengguyur wilayah dataran tinggi Kabupaten Gowa ini.

Mereka memilih tetap bertahan meski berkali-kali sudah diimbau oleh aparat. Bahkan imbauan dilakukan setiap tahun untuk pindah sementara. Namun, mereka enggan dan tetap melakukan aktivitasnya.

“Kami telah melakukan imbauan ke masyarakat yang tinggal di dekat longsoran, agar tetap berhati-hati dan waspada bahaya longsor dan pohon tumbang,” kata Kapolsek Parangloe, Iptu Kasmawati, Rabu (23/12/2020).

Imbauan itu gencar dilakukan di Dusun Galesong, Desa Lonjoboko. Beberapa kios di sana memang berhadapan dengan tebing yang rawan terjadi longsor, saat hujan deras mengguyur.

Ancaman pohon tumbang pun patut diwaspadai. Selain material tanah, juga terdapat banyak pohon besar yang bisa saja patah dan menimpa warga dan kios yang ada di bawahnya.

Seperti bencana longsor di Kelurahan Pattappang, Kecamatan Tinggimoncong, pada Sabtu (20/12/2020) kemarin. Material tanah membuat satu gudang penyimpanan sayur milik warga ambruk.

Gudang yang terbuat dari material kayu seketika rata dengan tanah, usai ditimpa material longsor saat hujan terus mengguyur Tinggimoncong sejak beberapa hari yang lalu.

Komentar