Sebelum Disemprot Disinfektan, Gereja di Makassar Disterilkan Tim Jibom Polda Sulsel

Kamis, 24 Desember 2020 20:07

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Perayaan hari raya Natal bagi umat Kristiani sisa menghitung jam lagi. Di gereja Kadetral, Kota Makassar dilakukan sterilisasi, pada Kamis (24/12/2020).

Sterilisasi itu berupa penyisiran seisi gereja oleh Tim Jibom dari Brimob Polda Sulsel. Hal itu dilakukan untuk mencegah adanya benda mencurigakan yang dapat mengacaukan proses ibadah umat Kristiani. Ada juga tim KBR Gegana Polda Sulsel yang dikerahkan.

Namun sebelum dilakukan penyisiran, pihaknya lebih dulu melakukan penyemprotan cairan disinfektan untuk mencegah penyebaran Covid-19 bagi petugas dan jemaah lainnya.

Selama itu pula, puluhan aparat kepolisian melakukan penjagaan di sekitaran gereja tersebut, sampai perayaan natal umat Kristen, pada 25 Desember 2020 besok selesai.

“30 personil Gegana Brimob Polda Sulsel yang dilibatkan, dari dua ribu personel yang mengamankan 150 gereja di Makassar,” kata Danyon Gegana Sat Brimob Polda Sulsel, AKBP Syaharuna, Kamis (24/12/2020).

Selama menjalankan ibadah pula, seluruh jemaat diwajibkan mematuhi protokol kesehatan, dengan memakai masker dan menjaga jarak.

Selain itu pula, seluruh jemaat yang datang ke gereja itu wajib dilakukan pengecekan suhu tubuh dan batang bawaaan oleh polisi yang telah berjaga di pintu masuk di gereja yang terletak di Jalan Kajaolalido. (Ishak/fajar)

Komentar