Eks Mensos Juliari Natalan di Rutan KPK

Jumat, 25 Desember 2020 12:18

Menteri Sosial Juliari P Batubara usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Minggu (6/12/2020). (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Mantan Menteri Sosial (Mensos) Juliari Peter Batubara merayakan Hari Raya Natal 2020 pertama kali di rumah tahanan (Rutan) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Politikus PDI Perjuangan itu terjerat kasus dugaan suap pengadaan bantuan sosial (bansos) penanganan Covid-19 untuk wilayah Jabodetabek.

Maqdir Ismail selaku Tim kuasa hukum Juliari menyampaikan, pihak keluarga akan melakukan kunjungan daring terhadap kliennya. Karena KPK dalam situasi pandemi Covid-19 ini hanya menyediakan kunjungan daring.

“Yang bisa kunjungan daring biasanya keluarga. Sepanjang yang saya tahu, keluarga pak Juliari, akan lakukan kunjungan daring,” kata Maqdir kepada JawaPos.com, Jumat (25/12).

Selain Juliari, terdapat 13 tahanan KPK yang juga merayakan Natal di dalam tahanan. Para tersangka korupsi yang merayakan Natal di tahanan diantaranya, Siswadhi Pranoto, Sutikno, Matheus Joko Santoso, Soetikno Soedarno dan Hiendra Soenjoto.

Sebelumnya, KPK melakukan pembatasan terhadap kunjungan keluarga pada perayaan Natal 2020. Keluarga hanya bisa melakukan kunjungan online, lantaran masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK, Ali Fikri menyampaikan, KPK membuka kunjungan online dan pengiriman makanan pada Jumat (25/12) hari ini, pukul 08.00 – 13.00 WIB . Selain itu, lembaga antirasuah juga membuka kunjungan pengganti cuti bersama Natal pada Rabu (30/12) pukul 09.00 – 12.00 WIB.

Komentar