Libur Nataru, Layanan Bongkar Muat di MNP Meningkat hingga 17 Persen

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) mencatat pelayanan bongkar muat barang di Makassar New Port (MNP) mengalami peningkatan hingga sebesar 17 persen pada liburan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

General Manager (GM) PT Pelindo IV Cabang Makassar New Port, Edy Nursewan mengatakan, peningkatan yang terjadi pada liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) kali ini antara 10 persen sampai dengan 17 persen, dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu.

Dia juga menuturkan, meskipun saat ini masih masa Pandemi Covid-19 tetapi arus bongkar muat barang dan operasional pelayanan kapal di pelabuhan baru Makassar tersebut tidak mengalami gangguan yang cukup berarti. Bahkan pihaknya selalu siap melakukan pelayanan selama 1 x 24 jam dan 7 hari dalam seminggu.

Di masa Pandemi Covid-19 ini juga lanjut Edy, operasional layanan bongkar muat barang di MNP malah mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun lalu. “Pandemi Covid-19 tidak terlalu berpengaruh terhadap kinerja bongkar muat di MNP. Namun, kami tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 sesuai anjuran Pemerintah, utamanya bagi para petugas di lapangan,” tukasnya.

Dia juga mengungkapkan bahwa menyambut libur Nataru tahun ini, semua peralatan sudah disiapkan dalam kondisi yang perform. “Semua peralatan siap beroperasi, mulai dari container crane, RTG, Head Truck dan chassis, termasuk Sumber Daya Manusia (SDM). Pelayanan juga masih tetap 1 x 24 jam dan 7 hari dalam seminggu,” tegas Edy.

Dia menyebutkan, saat ini Makassar New Port (MNP) yang baru resmi beroperasi pada awal November 2018 rata-rata melayani 30 call kapal dalam sebulan. “Bulan November lalu kami melayani 33 call kapal dan untuk di Desember ini sudah 25 call kapal yang dilayani,” ujar Edy.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan