Lighthouse School Program Adakan Pelatihan Vlog Bagi Para Siswa


FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Lighthouse School Program adalah salah satu program pendidikan yang diluncurkan oleh Putera Sampoerna Foundation. Hal ini merupakan bentuk dari kepedulian dan keseriusan PSF dalam mengatasi tantangan pendidikan di Indonesia. Tidak hanya dalam bidang akademik, PSF berusaha memberikan yang terbaik untuk anak-anak di Indonesia melalui bidang hobi. 

Kualitas pendidikan di Indonesia bukan yang terbaik di Asia apalagi di seluruh dunia. Pada tahun 2019, misalnya, Indonesia merupakan salah satu negara yang kualitas pendidikannya diuji dalam Programme for International Student Assessment (PISA).

PISA merupakan program yang dirancang untuk mengevaluasi kualitas pendidikan suatu negara namun diukur dari bagaimana siswa bekerja. Hasil evaluasi tersebut menunjukkan bahwa Indonesia berada di peringkat ke-75 dari 79 negara yang ikut serta. Hal ini menjadi indikasi bahwa kompetensi pendidikan di Indonesia perlu diperbaiki dalam skala besar.

Latar belakang tersebut mendorong PSF untuk berinovasi dalam memajukan kualitas pendidikan di Indonesia. Beberapa program telah diluncurkan dan salah satunya adalah Lighthouse School Program atau LSP. Lighthouse School Program dirancang sebagai program intervensi dalam sistem pendidikan yang ada dan diterapkan saat ini agar setidaknya setiap sekolah mencapai Standar Nasional Pendidikan Indonesia.

LSP akan diintegrasikan dalam kurun waktu tiga tahun. Tujuan utamanya adalah membina sekolah-sekolah agar menjadi panutan bagi sekolah lain yang ada di sekitarnya. Target capaian dari program ini adalah sistem belajar mengajar yang komprehensif, intensif, dan kolaboratif antara guru dan siswa. Tidak hanya untuk guru dan siswa, manajemen sekolah, orang tua, serta komunitas masyarakat juga ambil bagian dalam pendampingan dan program pelatihan.

Komentar


KONTEN BERSPONSOR