Satgas: Pemerintah Bakal Antisipasi Varian Baru Covid-19

Doni Monardo

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo mengatakan pemerintah bakal melakukan antisipasi masuknya varian baru virus corona dari Inggris. Varin tersebut dikabarkan 70 persen lebih menginfeksi dan sudah terdeteksi di Australia dan Singapura.

Ia mengatakan, Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan sudah melakukan rapat tingkat menteri dan mengundang para pakar epidemiologi dan kesehatan untuk dapat memberi masukan pada pemerintah pada pekan sebelumnya.

Setelah Presiden Joko Widodo memerintahkan untuk tidak memberikan libur panjang berturut-turut, maka libur Natal dan Tahun Baru “dipenggal” sehingga waktunya tidak terlalu panjang guna menghindari peningkatan angka penularan Covid-19. Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 juga berupaya membatasi penularan dengan surat edaran, membatasi perjalanan wargan negara asing dan Warga Negara Indonesia (WNI) dari beberapa negara tertentu yang teridentifikasi sudah ada infeksi SARS-CoV-2 dari Inggris.

“Pemerintah beri larangan pada warga negara yang berasal dari Inggris, mudah-mudahan bisa lindungi warga kita di Tanah Air. Biasanya warga asing yang tiba di Indonesia harus memberikan hasil swab, lalu dilakukan lagi swab begitu tiba di Tanah Air dan harus menunggu hasilnya keluar sambil wajib karantina mandiri di tempat yang diatur pemerintah selama lima hari lalu diulang lagi swab PCR-nya,” ujar Doni dalam talkshow Outlook 2021: Wajah Indonesia Setelah Pandemi secara daring dari Jakarta, Kamis (24/12),

Komentar


KONTEN BERSPONSOR