Sepekan Curah Hujan Tinggi, BMKG Beberkan Daerah yang Harus Siaga, Termasuk Kota Makassar

Jumat, 25 Desember 2020 13:59

Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar, Nur Asia Utami

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Memasuki puncak musim hujan yang diprediksi sejak bulan ini hingga awal Januari 2021 mendatang, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan mengantisipasi adanya genangan banjir.

Hal itu diungkapkan Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar, Nur Asia Utami saat ditemui di Kantor BMKG Makassar, Jumat (25/12/2020).

Ia menyebut potensi hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang sangat rawan di beberapa daerah di Sulawesi Selatan bagian Barat, bahkan ada yang masuk dalam status siaga.

Untuk sepekan ini, kata dia, wilayah seperti Makassar, Gowa, Barru dan Maros dikategorikan status siaga. Sementara untuk di Kabupaten Pangkep perlu untuk diwaspadai lantaran potensi hujan lebat cukup tinggi.

“Kalau yang merah artinya rawan dan Pangkep yang statusnya rawan dan yang kuning ini seperti Makassar, Gowa, Maros, Barru harus siaga,” ucapnya.

Ia menjelaskan potensi intensitas hujan cukup tinggi di wilayah Sulsel barat disebabkan di bagian barat didominasi oleh laut. Sehingga uap air laut juga ikut meningkat.

Selain itu, diketahui Indonesia adalah negara kepulauan. Nur Asia juga menututkan kelembaban udara ikut berkontribusi dalam meningkatkan curah hujan yang bisa saja berakhir banjir.

“Untuk saat ini lebih ke daerah barat karena anginnya sudah ada di barat. Kalau angin dari barat, maka uap airnya cukup banyak dan kelembaban udaranya 100 persen sekarang, jadi pembentukan awannya juga akan tinggi,” tutupnya. (Anti/fajar)

Komentar