8 Virus Paling Ditakuti Manusia

Sabtu, 26 Desember 2020 13:19

ILUSTRASI. Para sukarelawan mempertaruhkan kesehatan dengan mengizinkan para ilmuwan menginfeksikan SARS-CoV-2 pada tubu...

  1. Virus H5N1

Berbagai kasus flu burung menyebabkan panik global. Tidak heran tingkat kematiannya mencapai 70 persen. Tapi sebenarnya, resiko tertular H5N1 cukup rendah.

Manusia hanya bisa terinfeksi melalui kontak langsung dengan unggas. Ini penyebab mengapa kebanyakan korban ditemukan di Asia, di mana warga biasa tinggal dekat dengan ayam atau burung.

  1. Virus Lassa

Mungkin sebagian besar orang masih belum tahu dengan virus lassa. Virus ini pertama kali menjangkit pada seorang perawat di Nigeria.

Dan ternyata penyebabnya yakni dibawa oleh hewan pengerat.

Kasusnya bisa menjadi endemis, yang artinya virus muncul di wilayah khusus, bagian barat Afrika, dan dapat kembali mewabah di sana setiap saat.

  1. COVID-19

Hingga saat ini virus corona atau COVID-19 masih terus diteliti oleh para ilmuan dan tidak menutup kemungkinan jika virus ini juga sangat berbahaya.

Bahkan korban akibat adanya virus ini di seluruh dunia mencapai kurang lebih 79,8 juta jiwa dan korban meninggal dunia lebih dari 1,75 juta. Tak heran memang COVID-19 ditakuti banyak orang. (pjk1)

Bagikan berita ini:
4
7
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar