Ahli Epidemologi: Wajah Dewi Persik, Bukti Corona Penyakit yang Menipu

Sabtu, 26 Desember 2020 10:47

FAJAR.CO.ID — Kondisi tidak biasa yang dialami oleh penyanyi dangdut Dewi Perssik akibat terinfeksi Covid-19. Ruam merah terlihat memenuhi sekujur kulitnya. Sebetulnya kasus ruam tersebut sudah beberapa kali diungkap dalam sejumlah penelitian internasional, yang merupakan salah satu gejala lainnya dari serangan virus Korona jenis baru.

Itulah sebabnya, Dokter Spesialis Penyakit Dalam yang juga Dekan Fakultas Universitas Indonesia (FKUI) Prof Ari Fahrial Syam menyebutkan bahwa apa yang menimpa Dewi Persik, menguatkan bukti nyata bahwa Covid-19 adalah penyakit penipu ulung atau great imitator. Sebab bukan hanya bisa menyerang pernapasan saja tetapi bisa menyerang organ lainnya seperti pencernaan, jantung, otak, bahkan kulit.

“Ya betul Covid-19 adalah great imitator, bisa terjadi gangguan kulit berupa ruam-ruam merah seperti yang terjadi pada muka Depe,” katanya kepada JawaPos.com, Jumat (25/12).

Menurutnya, hal itu terjadi karena reaksi peradangan pada pembuluh darah kecil di muka. Mekanisme gangguan kulit Covid-19 ini, kata dia, belum banyak diketahui. Akan tetapi, beberapa teori disampaikan kemungkinan partikel virus yang ada di pembuluh darah kulit pada pasien dengan infeksi Covid-19 dapat menyebabkan peradangan pada pembuluh darah.

“(Kondisi) tersebut disebut vaskulitis,” katanya.

“Kita masih terus mempelajari perjalanan klinis dari penyakit Covid 19 di Indonesia. Dari data data yang ada ternyata terdapat perbedaan dan gejala-gejala yang ditemukan dari pasien Covid 19 di Tiongkok dan Indonesia. Pada banyak kasus di Indonesia, demam hanya terjadi 85 persen sedangkan di Tiongkok sampai 95 persen,” jelasnya.

Komentar


VIDEO TERKINI