Edible Flower Anda Cepat Busuk Padahal Baru Panen? Perhatikan Tips Ini


FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Anda Penyuka Edible Flower? Bunga yang bisa dimakan ini tengah booming di sejumlah kota metropolitan tanah air. Bagi kaum urban jenis makanan ini tentu sudah lumrah, namun berbeda dengan sebagian orang yang masih asing di telinga. 

Bukan perkara mudah merawat Edible flower agar tidak cepat layu dan busuk meski baru panen. Jika kondisinya ‘rusak’ tentu dari segi rasa, tampilan dan nutrisi tak sebaik dengan bunga yang fresh.

Bunga jenis Nasturtium, French Marigold, African Marigold, Butterfly Blue Pea, Dwarf Dahlia, Dahlia Pompone, Gomphrena, Borage, Impatiens, Miniature Rose, Dianthus, Pansy, Anthirrinum (snap dragon), Geranium dan Rose dapat diolah dalam sajian makanan atau minuman. Namun ada cara khusus penyimpanannya agar awet dan tidak cepat membusuk.

Founder Harvest Mountain Organic Farm sebuah kebun yang memproduksi aneka edible flower dan produk lainnya secara organik yang berlokasi di Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Felia Kharissa memberi tips cara penyimpanan edible flower agar ketahanannya bisa lebih lama.

Felia Kharissa menyarankan untuk menggunakan wadah atau container tahan air. Baiknya gunakan wadah yang terbuat dari kaca atau plastik. 

Perlu juga diperhatikan bahan baku sebagai alas agar bunga tidak cepat membusuk. Ia menyarankan gunakan tisu lembab sebagai alas meletakkan edible flower. Bukan menggunakan bahan seperti kardus yang bisa menyerap air.

Komentar


KONTEN BERSPONSOR