Elektabilitas Sandi di Pilpres 2024 Diprediksi Melorot

Sabtu, 26 Desember 2020 11:02

Sandiaga Uno.

“Elektabilitasnya diprediksi melorot pasca bergabung dengan kubu Jokowi. Dukungan emak-emak dan pemilih ideologis diprediksi akan sulit diperoleh lagi,” demikian analisa Andi.

Andi pun menyarankan pada Sandiaga Uno agar tetap memilih jalur oposisi.

Dengan cara itu, ia memprediksi elektablitas Sandi akan jauh lebih tinggi.

“Jika ia (Sandi) di luar kabinet dan tetap memposisikan diri sebagai ‘oposan’ ketimbang ketika bergabung dengan kabinet,” pungkas Andi Yusran.

Sementara itu, paska perombakan kabinet Indonesia Maju yang pertama dilakukan Rabu (23/12) lalu, muncul penilaian bahwa saat ini Prabowo dan Sandiaga Uno sudah sepenuhnya menjadi orang Joko Widodo.

Analisa ini disampaikan Direktur Eksekutif Periskop Data, Muhamad Yusuf Kosim saat berbincang dengan wartawan, Jumat malam (25/12).

Yuko menjelaskan, imbas dari gabungnya Sandiaga Uno pasti membuat para pendukungnya pada Pemilihan presiden (Pilpres) 2019 silam terbelah.

Kategorinya ada yang mendukung mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu atau menolak keras dan memutar balik dukungan.

“Sejak Pilpres langsung baru kali ini, akomodasi kepentinggan dari lawan politik, kita lihat calonnya diakomodasi masuk dalam kementerian,” demikian kata Yuko (Yusuf Kosim), Jumat malam (25/12).

Kata pengajar di Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia) ini, dengan bergabungnya Sandiaga Uno secara politik Joko Widodo dapat mengendalikan para calon yang akan berkontestasi pada Pilpres 2019.

Komentar