Flu dan Demam, Kuncinya Jaga Kondisi Tubuh

Sabtu, 26 Desember 2020 10:53

PERHATIAN KHUSUS Demam pada anak perlu mendapat perhatian khusus, terutama jika demamnya melebihi 38 derajat celcius. Se...

FAJAR.CO.ID — Gejala umum flu seperti demam, nyeri tubuh, dan kelelahan bisa membuat banyak orang terpaksa tidur sampai sembuh. Gejala flu akan muncul dari satu sampai empat hari.

Selain beristirahat, ternyata banyak orang yang justru membiarkan gejala flu dan demamnya semakin parah. Apa saja itu? Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co. 

1. Membiarkan sakit begitu saja Pilek dan demam tampak seperti penyakit sepele sehingga sering dihiraukan. Mungkin Anda juga cenderung menunda-nunda minum obat karena berpikiran gejalanya belum terlalu parah. 

2. Minum antibiotik baik pilek dan demam paling sering disebabkan oleh infeksi virus.

Maka jika Anda selama ini minum antibiotik, sesungguhnya kamu telah melakukan hal yang salah. 

3. Minum vitamin C dosis tinggi Vitamin C.

Bisa membantu menguatkan daya tahan tubuh dan melawan infeksi ringan seperti pilek. Namun, penelitian baru-baru ini mencatat konsumsi vitamin C dosis tinggi tidak terbukti bisa cepat menyembuhkan gejala pilek maupun demam. 

4. Mengonsumsi banyak obat sekaligus tanpa resep dokter.

Minum banyak obat sekaligus tanpa anjuran dokter bukannya mempercepat penyembuhan pilek dan demam, tetapi membuatnya makin parah. 

Sebab, akan ada risiko interaksi antar obat yang mungkin justru membatalkan efek masing-masing obat tersebut.(jpnn/fajar)

Bagikan berita ini:
8
1
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar