Jalan Rusak Diperbaiki Awal 2021, Banjir Bikin Banyak Lubang

Sabtu, 26 Desember 2020 13:59

GRAFIS-JALAN RUSAK

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR— Hujan berkepanjangan merusak sejumlah ruas jalan di Sulsel. Sudah ada anggaran untuk memperbaiki.

Memang, cuaca ekstrem yang terjadi beberapa hari terakhir berimbas ke akses jalan. Kerusakan terjadi di jalan nasional dan jalan provinsi. Bahkan sebagian jalan kabupaten dan desa.

Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Sulsel juga sudah mendapat laporan kerusakan jalan dari sejumlah satuan kerja (satker) di daerah. Beberapa yang berlubang akibat hujan deras seperti akses Sidrap-Wajo, Soppeng-Wajo, serta akses Gowa- Sinjai via Malino. (Selengkapnya lihat grafis)

Sekretaris Dinas PUTR Sulsel Edy Rahmat mengatakan kondisi hujan lebat yang mengguyur Sulsel memang berimbas ke jalan. Banyak kerusakan seperti aspal yang retak, bahkan berlubang akibat cuaca.

Hanya, kerusakan tersebut tak menyeluruh. Misalnya, di jalur Sidrap-Soppeng-Wajo. Ada titik yang rusak hanya di bagian tertentu saja. “Misalnya, ada yang berlubang, kemudian mulus lagi. Tidak semuanya, hanya beberapa titik,” bebernya, Jumat, 25 Desember.

Alokasi Rp15 M

Edy Rahmat mengatakan pihaknya sudah menyiapkan anggaran preservasi dan pengaspalan ulang. Untuk enam Satker, pagu alokasinya sebanyak Rp15 miliar. Anggaran tersebut langsung digunakan untuk mengantisipasi kerusakan jalan provinsi. Termasuk yang berlubang.

Menurutnya anggaran tersebut diperuntukan untuk pengaspalan ulang. Pihaknya menjamin awal tahun perbaikan langsung dilakukan. Pengaspalan difokuskan pada beberapa titik yang memang hanya butuh penanganan.

Komentar