Menkes Bukan Berlatar Belakang Dokter, Begini Keraguan PKS

Sabtu, 26 Desember 2020 11:44

Budi Gunadi Sadikin. (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera mengaku meragukan kinerja Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan yang menggantikan Terawan Agus Putranto.

Keraguan Mardani ini lantaran Budi Gunadi Sadikin bukanlah berlatar belakang seorang dokter. Melainkan seorang pengusaha dan juga berlatar belakang bangkir.

“Saya memang agak khawatir, karena Budi Gunadi ini kan bisnisman, sebelumnya di Bank Mandiri, wakil menteri BUMN. Pola pikir ekonominya malah bisa mendistrack (mengganggu) tujuan utama bahwa kesehatan itu punya sistem kesehatan nasional, ekosistem kesehatan nasional,” ujar Mardani dalam akun Youtube Fraksi PKS, Jakarta, Sabtu (25/12).

Anggota Komisi II DPR ini mengatakan, memang Budi Gunadi memiliki pendamping Dante Saksono Harbuwono sebagai Wakil Menteri Kesehatan. Namun ia nilai Kementerian Kesehatan tetap tidak akan maksimal dipimpin bukan berlatar belakang dokter.

“Harusnya ini dibalik, menterinya senior di bidang kesehatan, wakilnya boleh junior yang punya kapasitas ekonomi atau punya kemampuan manajerial,” katanya.

Mardani mempertanyakan kenapa Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak memilih Menteri Kesehatan yang berlatar belakang seorang dokter. Hal ini karena banyak dokter-dokter berkompeten di Indonesia.

“Banyak dokter yang juga manajer atau punya leadership bagus. Itu banyak,” ungkapnya.

Namun demikian menurut Mardani, Presiden Jokowi telah memilih Budi Gunadi Sadikin. Sehingga dirinya tinggal memantau saja kinerja Budi Gunadi sebagai Menteri Kesehatan.

Komentar