Prabowo dan Sandiaga Gabung ke Kabinet Jokowi, Hendri Satrio: Jelas Cari Panggung Politik

Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA— Bergabungnya capres dan cawapres penantang pada Pilpres 2019 yakni Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno ke Kabinet Indonesia Maju, menjadi spekulasi politik di tengah masyarakat.

Pendiri lembaga Survei KedaiKOPI, Hendri Satrio mengatakan, banyak kemungkinan yang mendasari bergabungnya Sandi ke kabinet pimpinan Presiden Joko Widodo.

Namun yang jelas, masuknya mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu ke kabinet antara lain untuk mencari panggung politik persiapan Pilpres 2024.

“Alasannya banyak. Tapi karena itu adalah jabatan politik, maka secara jelas terlihat bahwa yang dicari itu adalah panggung politik,” jelas Hendri, Sabtu (26/12).

“Karena mau tidak mau tanpa panggung politik mereka akan kesulitan lagi berlaga di 2024,” kata Hendri Satrio.

Menurut Hensat, sapaan akrabnya, hanya melalui jabatan politik, para bakal capres bisa mendapatkan impact electoral untuk bisa tetap berlaga pada pemilu mendatang.

“Cuma dengan panggung politik ini jadi menteri maka peluang mereka di 2024 akan terjaga kembali,” tuturnya.

Lebih lanjut, Hensat yang juga dosen di Universitas Paramadina ini berharap, ambang batas pencalonan presiden atau presidential treshold (PT) akan ditiadakan. Sehingga akan banyak calon di pilpres 2024 nanti.

“Mudah-mudahan saja PT atau ambang batas Presiden enggak ada, sehingga kita punya banyak calon presiden,” tandasnya.

Kabinet Jokowi-Maruf diibaratkan “Kabinet Capres 2024” pascabergabungnya Sandiaga Uno ke pemerintahan Jokowi sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Komentar


KONTEN BERSPONSOR