Lebih Aman, Lebih Hemat Liburan di Rumah Saja

Minggu, 27 Desember 2020 14:08

Warga tetap mengunjungi Anjungan Pantai Losari meskipun sudah ada larangan penutupan area publik ini, Jumat, 25 Desember. ABE BANDOE/FAJAR

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Merayakan pergantian tahun baru tak harus di luar rumah. Lebih aman dan hemat melakukan kegiatan menyenangkan di rumah saja.

Pandemi belum berakhir. Lonjakan kasus terjadi nyaris di sejumlah daerah di Sulawesi Selatan (Sulsel). Tim Satgas Covid-19 Sulsel mencatat, rata-rata terjadi penambahan 100 kasus per hari.

Pemprov Sulsel mengambil tindakan tegas. Menutup semua lokasi wisata yang berpotensi menghadirkan kerumunan tak terkendali. Pengawasan juga diperketat.

Di Makassar, penutupan lokasi wisata dan pembatasan aktivitas sudah dimulai sejak 24 Desember. Tindakan ini akan berlangsung hingga 3 Januari mendatang. Aktivitas di pusat keramaian dibatasi hingga pukul 19.00 Wita. Jika melanggar, penutupan paksa dilakukan.

Satpol PP Sulsel juga ikut mengawasi sejumlah titik keramaian. Sekretaris Satgas Covid-19 Sulsel, Ni’mal Lahamang menuturkan, pihaknya sudah memberikan imbauan kepada masyarakat untuk merayakan malam pergantian tahun di rumah masing-masing. Libur panjang kali ini juga tak perlu ke mana-mana dahulu.

Kebijakan pembatasan pergerakan masyarakat ini juga mengurangi intensitas dari daerah ke Makassar, dan sebaliknya. Selain itu, dipastikan tak boleh ada pesta kembang api, seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Sudah ada pelarangan resmi. Jadi tidak dibenarkan lagi ada pesta-pesta. Cukup bersama keluarga saja. Tidak membuat perayaan yang mengumpulkan orang banyak,” bebernya kepada FAJAR, Sabtu, 26 Desember.

Komentar


VIDEO TERKINI