Minimalisasi Penyebaran Covid-19, Masyarakat Sebaiknya Langsung Ganti Baju saat Pulang di Rumah

Minggu, 27 Desember 2020 18:10

Warga mencuci tangan di tempat cuci tangan gratis di kawasan Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa (24//32020). Untuk mencegah penyebaran COVID-19, Pemprov DKI menyediakan tempat cuci tangan di beberapa tempat publik. (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Penyebaran Covid-19 begitu cepat. Sasarannya adalah masyarakat yang imun tubuhnya lemah. Kondisi ini, sebetulnya makin membahayakan, apalagi saat ini, aktivitas sudah mulai kembali normal dengan adaptasi kebiasaan baru yang membuat orang kembali bermobilitas lagi.

Maka dari itu, untuk mencegah penularan, masyarakat wajib dalam penerapan protokol kesehatan 3M, yaitu wajib memakai masker, wajib mencuci tangan dengan sabun serta wajib menjaga jarak dan hindari keramaian. Sama seperti yang selalu ibu pesan ketika kita beraktivitas di luar rumah, selalu terapkan 3M di mana pun dan kapanpun.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo pun juga mengingatkan, kepada seluruh masyarakat yang beraktivitas di luar rumah, selepas pulang langsung harus berganti pakaian. Ini demi meminimalisir penyebaran virus dan membuat klaster keluarga.

“Baju-baju baru pulang, yang tadinya ke pasar atau ke mana, ya sudah langsung aja masukan (ganti dan taruh) di wadah yang tertutup,” ujar dia beberapa waktu lalu.

Kenapa harus wadah yang tertutup, ia menjelaskan bahwa itu masih memiliki potensi untuk menular. Apalagi, virus tersebut bisa menular melalui udara (air bone) dan bertahan selama 20 menit.

Untuk itu, Hasto menyarankan para keluarga memiliki keranjang baju yang tertutup. Dengan begitu, mitigasi terjadinya klaster keluarga dapat terlaksana dengan baik.

Komentar