Molor Hingga 2021, Hujan Jadi Kendala Perbaikan Jalan AP Pettarani

Minggu, 27 Desember 2020 15:48

Kondisi Jl AP Pettarani Makassar. (int)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Direktur Utama Metro Makassar Network (MMN), Anwar Toha mengaku kondisi cuaca hujan menjadi salah satu kendala perbaikan jalan AP Pettarani molor dan dijadwalkan akan rampung pada Februari 2021 mendatang.

“Namanya aspal kan sangat anti dengan hujan, tergantung cuaca,” kata Anwar.

Ia mengklaim, saat ini tidak lagi terjadi kemacetan parah, lantaran pengembalian kondisi jalan sudah mencapai 70 persen. Menurutnya bukaan jalan lima ruas sudah digunakan oleh pengendara sehingga mampu meminimalisir kepadatan jalan.

“Kemacetan tidak separah dulu, meski masih ada spot tertentu yang terjadi penyempitan. Mungkin ada pengerjaan paving blok, dikasi misalnya pembatas jadi terjadi penyempitan,” tuturnya.

Lebih jauh, ia membeberkan progres pengaspalan atau overlay mencapai 70 persen. Meski diperpanjang pengerjaannya, pihaknya optimis dapat menyelesaikan hingga akhir tahun 2020.

Anwar menambahkan, pengerjaan jalan dilalukan secara berbeda, bergantung dari lahannya. Ada yang berat, sedang, dan normal. Misalnya, kata dia, dari fly over hingga 800 meter dilakukan pengaspalan langsung, tidak ada proses penggalian.

“Dikondisikan, mana yang berat pengerjaannya, ada yang harus digali, dipadatkan, lalu diaspal, ini yang lama,” jelasnya.

Karenanya, pengaspalan biasa ditarget rampung akhir Desember. Sementara untuk marka jalan diprediksi menyeberang ke tahun 2021. (anti/fajar)

Komentar