Nama Komjen Agus Andrianto Mencuat Calon Kuat Kapolri, Sosok yang Tersangkakan Ahok

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Nama Kabaharkam Polri Komjen Agus Andrianto menjadi salah satu calon kuat Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis yang pensiun pada awal tahun 2021 nanti.

Jenderal bintang tiga kelahiran Blora, Jawa Tengah itu memiliki segudang prestasi untuk bisa menempati poisis nomor satu di Korps Bhayangkara. Dari catatan JPNN, Agus pernah menjadi ketua tim penyidik kasus penistaan agama yang menyeret Basuki Tjahja Purnama alias Ahok pada 2016 yang lalu.

Saat itu, Agus merupakan Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim dengan pangkat Brigjen memimpin tim penyidik yang berjumlah 27 orang.

Setelah proses pengusutan yang cukup panjang, Ahok yang saat itu menjabat Gubernur DKI Jakarta ditetapkan tersangka. Dia dinilai melanggar Pasal 156a KUHP dan Pasal 28 Ayat (2) UU 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Agus Andrianto juga merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1989. Saat menjabat sebagai Kapolda Sumatera Utara (Sumut), Agus mampu mengamankan situasi saat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Kemudian, di masa pandemi Covid-19 ini, perannya sebagai Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabarhakam) Polri cukup dominan.

Agus dipercaya Kapolri Jenderal Idham Azis sebagai Kepala Operasi Terpusat (Kaopspus) Kontinjensi Aman Nusa II-Penanganan Covid-19.

Tugas Agus memastikan para Kasatgas 1-6, Kapusdalops, Kasetops, Kaposko, Kaminops, dan Kasubsatgas Opspus Kontinjensi membuat rencana kegiatan operasi pandemi Covid-19.

Gambaran pelopor ketahanan pangan selama pandemi Covid-19 begitu melekat ditubuh Komjen Agus Andrianto.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan