Resmikan Dua Ikon Baru Surabaya, Tri Rismaharini Izin Pulang Kampung ke Jokowi

Minggu, 27 Desember 2020 22:29

FINISHING: Jembatan Joyoboyo yang akan diresmikan oleh Walikota Surabaya sekaligus Mensos RI Tri Rismaharini. (ABDULLAH MUNIR/RADAR SURABAYA)

Museum Olahraga yang dibangun sejak Juli lalu itu terdiri dari dua lantai. Lantai pertama memiliki luas 400 meter persegi, sedangkan lantai atas luas 200 meter persegi.

Sementara itu, masa jabatan Risma sebagai wali kota Surabaya diketahui masih tersisa hingga Februari 2021. Ia mengaku telah mendapat izin dari Presiden Jokowi untuk rangkap jabatan sebagai wali kota dan menteri sosial untuk sementara hingga ada keputusan resmi dari Kemendagri.

Di sisi lain, jabatan wali kota Surabaya sementara akan dilaksanakan oleh Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana sebagai pelaksana tugas.

Proses pergantian diatur dalam pasal 173 Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada. Ayat (4) UU No 10/2016 menyebut bahwa DPRD kabupaten/kota menyampaikan usulan pengangkatan wakil kepala daerah sebagai kepala daerah ke menteri dalam negeri lewat gubernur.

Jika dalam lima hari sejak penyampaian usulan oleh DPRD gubernur tidak meneruskan, maka mendagri berwenang untuk menetapkan wakil kepala daerah sebagai kepala daerah. Jika dalam 10 hari DPRD tidak mengajukan usul, maka gubernur yang berwenang mengajukan usulan ke mendagri.(sb/jpr/fajar)

Komentar


VIDEO TERKINI